Info Kuningan
Pemerintahan Terbaru

Sambut  Datangnya Bulan Suci Ramadhan, Warga Gelar Tradisi Bersih-Bersih Sampai Cuci Karpet Mushola

KUNINGAN- Menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang tinggal satu pekan lagi, sejumlah warga di Kabupaten Kuningan menggelar tradisi mencuci karpet masal di aliran Waduk Darma. Tradisi cuci karpet ini sebagai bentuk suka cita datangnya bulan suci ramadhan, hal itu dilakukan warga demi kenyamanan saat melaksanakan sholat tarawih.

Bahkan tidak hanya warga Kuningan saja yang melaksanakan cuci karpet masal ini,warga dari Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka pun sengaja datang ke Waduk Darma untuk hanya sekedar mencuci karpet di mushola atau mesjid disekitar  tempat tinggalnya.

Secara bergotong royong mereka membersihkan karpet dengan cara disikat secara bergantian. Usai dibersihkan, karpet kemudian dibawa untuk dijemur di tembok dinding Waduk Darma. Mereka sengaja membersihkan karpet di Waduk Darma karena airnya bersih dan tempatnya luas.

Dadih misalnya salah seorang warga Cikijing mengatakan, tradisi cuci karpet mesjid ini selalu ia lakukan menjelang bulan suci ramadhan setiap tahunnya,” tujuan bersihkan karpet ini supaya para jamaah yang datang kemushola merasa nyaman terutama saat melaksanakan tarawih selama bulan puasa nanti,”tutur Dadih. Minggu (3/3/2024)

Udin warga lainya menuturkan biasanya, di aliran Waduk Darma mulai ramai cuci karpet menjelang bulan suci ramadhan ,bahkan mulai satu pekan kali ini saja Waduk Darma sudah dipenuhi warga yang akan mencuci karpet, bahkan tidak hanya warga sekitar saja namun warga dari luar Kuningan pun banyak yang datang hanya sekedar untuk mencuci karpet di sini.(Tatang Budiman/NA)

Related posts

Kasat Lantas Imbau Sepeda Motor Listrik Tidak Masuk Di Jalan Raya

Redaksi

Acep Apresiasi PT. Utama Korindah Tidak Lakukan PHK Saat Covid -19 Lalu

Redaksi

Korpri Bentuk Satgas BALADHIKA, 60 ASN Digembleng 2 Hari

Redaksi

Leave a Comment