Info Kuningan
Info Pemerintahan Terbaru

Sambut Ramadhan, Jamesbon Bersih-Bersih Mushola dan Masjid

KUNINGAN- Memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H,  berbagai kegiatan dilakukan Remaja Mesjid  Pajambon atau yang  yang lebih dikenal Jamesbon, salah satunya dengan membersihkan seluruh mushola yang ada Didesa Pajambon Kecamatan Karamatmulya, Sabtu (09/03/2024). Sedikitnya 14 Mushola dan 1 Mesjid menjadi sasaran Jamesbon untuk dibersihkan.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut melibatkan puluhan remaja yang biasa menimba ilmu agama di Mesjid Jami Baiturrahim Desa Pajambon, mulai dari anak-anak tingkat PAUD,TK,SD,SMP bahkan tingkat SMA.

Pengurus Ikatan Remaja Mesjid Baiturrahim Desa Pajambon Enra Saefullah menuturkan, Tradisi bersih-bersih Mushola merupakan kegiatan rutin yang dilakukan hampir tiap tahun menjelang bulan suci ramadhan dengan melibatkan berbagai unsur tidak hanya remaja mesjid, membungkus juga menggandeng warga Pajambon lainya untuk bersama-sama membersihkan mushola sehingga Pas waktunya nanti, warga bisa lebih nyaman dan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun,dan kegiatan ini kami lakukan untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk,” tutur Enrra

Enrra menambahkan selain mengadakan kegiatan bersih-bersih Mushola dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1445 H tahun ini, remaja mesjid desa pajambon juga mengadakan pawai Ta’aruf dengan melibatkan ratusan santri dan warga desa Pajambon,pawai dilakukan dengan berjalan menyusuri jalan desa setempat sambil membacakan sholawat

“Masih banyak kegiatan lainnya yang akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan tahun ini diantaranya Tahrib Ramadhan,kuliah subuh,pesantren kilat,yasinan,sholawatan,buka bersama ,tadarusan ,khotmil qur’an,mabit,Nuzulul qur’an,fun game,lomba-lomba,pawai obor,dan masih banyak kegiatan lainya, dan alhamdulilah warga pajambon  terlihat antusias dan menyambut baik kegiatan tersebut,”terang Enrra

Sementara Kepala Desa Pajambon Dra Nani Ariningsih disela kegiatan mengatakan, kegiatan bersih- bersih Mushola dan  Pawaai Taaruf ini dapat merajut kebersaman dan memberikan rasa semangat yang tinggi dalam menjalankan  ibadah puasa ia berharapa dengan kegiatan tersebut warganya diberi kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT. Selain  itu juga dengan terciptanya lingkungan mushola yang bersih dapat memberikan rasa nyaman warganya  dalam menjalankan ibadah.

“Kami dari Pemerintahan  Desa Pajambon sangat menyambut baik kegiatan yang dimotori oleh Ikatan Remaja Mesjid Jami Baiturrahim ini, semoga kegiatan ini menjadi ajang perekat ukhuwah islamiyah dan silaturahmi di antara kita sekaligus upaya melestarikan tradisi menjelang bulan suci Ramadhan,”pungkasnya.(Be)

Related posts

Dana BOS Hanya Mampu Tutupi 30 Persen Kebutuhan Sekolah

Redaksi

Iip Minta Masyarakat Jaga Etika, Keamanan dan Kenyamanan Selama Nataru

Redaksi

PJ Bupati Iip Tak Mau Lagi Ada Bullying Dilingkungan Sekolah

Redaksi

Leave a Comment