Info Kuningan
Info Terbaru

Baznas Kabupaten Kuningan Raih Juara 2 Lomba Ziswaf Unggulan Se-Pulau Jawa

KUNINGAN – Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang diamanahi UU No 23 Tahun 2011 untuk melakukan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang bertujuan memberikan pelayanan yang efektif dan efisiensi dalam mengelola zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Sesuai dengan Visinya Baznas Kuningan menjadi Lembaga Pinunjul Mensejahterakan Umat ikut berkontribusi dalam penanganan kemiskinan di Kabupaten Kuningan melalui pendayagunaan zakat program pemberdayaan ekonomi.

Program Pemberdayaan ekonomi ini mendapat apresiasi Juara 2 se-pulau Jawa Lomba Ziswaf (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) Unggulan dalam acara Festival Ekonomi Syariah Bank Indonesia yang dilaksanakan di surabaya 29 September – 1 Oktober 2023 lalu.

Dalam lomba tersebut Baznas Kabupaten Kuningan memaparkan atau mempresentasikan program pemberdayaan ekonominya yang disampaikan langsung oleh Sadam Husen sebagai kepala lembaga program pemberdayaan ekonomi Mustahik Baznas Kabupaten Kuningan dan Dedi Hendriana Sebagai Ketua Koperasi Baitul Muzaki Kuningan Binaan Baznas Kabupaten Kuningan di hadapan para juri yang terdiri dari unsur Kementerian Agama RI, Departemen Ekonomi Keuangan Syariah BI, dan Akademisi.

Program yang dipresentasikan diantaranya warung ritel z-mart yang sudah tersebar di 130 titik, System Pembayaran Online Proksi melalui aplikasi Z-Pay Indonesia buatan para pendamping, lumbung pangan (bawang, markisa, beras z-mart), Z-Chicken dan Layanan Keuangan/ Pembiayaan Syariah melalui koperasi.

Dalam rangkaian pelaksanaan lomba tersebut sebelum diikutsertakan lomba dan masuk finalis tiga besar, Kantor Perwakilan BI Regional Cirebon menyeleksi ke lembaga ziswaf yang ada di wilayah tiga Ciayumajakuning yang memiliki program pemberdayaan, dan Baznas Kabupaten Kuningan dinyatakan layak untuk mengikuti lomba tersebut untuk mewakili Regional Bank Indonesia Cirebon.

Ketua Baznas Kuningan, H. Yayan Sofyan, mengaku sangat bersyukur atas diperolehnya penghargaan sebagai juara ke-2 dalam lomba ziswaf unggulan se-pulau Jawa, tentu keberhasilan ini selaras dengan visi misi Baznas Kabupaten Kuningan.

“Yaitu sebagai lembaga utama pinunjul mensejahterakan umat melalui pemberdayaan ekonominya sehingga kedepan dapat merubah mustahik (penerima) menjadi Muzaki (pemberi),” ungkap Yayan.

Sementara itu, Pimpinan Bdang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kuningan, H. Yusron Kholid menyampaikan harapa bahwa pendayagunaan zakat, Infak, Sedekah melalui program pemberdayaan ini sebagai solusi dan turut serta menanggulangi kemiskinan sebagai wujud kontribusi mengawal penguatan program Pemerintah Kabupaten Kuningan.

“Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada para agniya/yang menyalurkan zakat, Infak, dan Sedekahnya melalui Baznas dan kami siap untuk mendistribusikan dan mendayagunakannya dengan amanah,”  ujar Yusron. (red)

Related posts

Ratusan Mahasiswa Sampaikan Aspirasi Ke DPRD, Hingga Sindir Presiden RI

Redaksi

75 PTPS Se-Kecamatan Mandirancan Resmi Dilantik

Redaksi

Wujudkan Manunggal TNI Bersama Rakyat, Babinsa Lakukan pengecoran Bersama Warga

Redaksi

Leave a Comment